Cara Mengetahui Merk Motherboard Tanpa Membongkar CPU

Mengetahui merk motherboard pada komputer ataupun laptop sangatlah penting di lakukan, biasanya situasi seperti ini sangat di perlukan ketika kita ingin melakukan upgrade driver ataupun ingin menambah RAM agar PC kita semakin yahut lagi. Tidak hanya itu, saat komputer kita error dan ingin melakukan peng-instalan ulang windows dengan yang baru juga harus menginstall driver motherboard dan driver-driver lainnya seperti VGA Card dan Sound Card on Board dan jika kita tidak mengetahui spek pada komputer, tentu akan sangat sulit menentukan driver yang cocok untuk di installkan.

Untuk mengetahui merk / tipe model motherboard pada komputer yang kita miliki jika harus membongkar casing CPU tentunya sangat mrepotkan, apalagi jika posisi CPU berada di tempat yang sulit di jangkau. Bagi anda yang belum mengetahuinya, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui spek komputer kita tanpa harus repot bongkar-bongkar PC.

DXDIAG
kita bisa menggunakan perintah ini untuk mengetahui spek komputer kita, caranya sangat mudah yaitu ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Masuk ke menu Run yang bisa di cari pada menu start (logo windows) > All programs > Accessories > Run. atau bisa juga di temukan dengan menekan tombol Windows + R dan jika sudah muncul ketikkan dxdiag.dan enter.
  • Anda akan di bawa pada tab system yang menginformasikan banyak hal tentang perangkat anda.


CMD (Command Prompt)
Kita juga bisa mengetahui merk motherboard komputer kita dengan cara ini, caranya sebagai berikut ini: 
  • Masuk pada menu run, caranya sama seperti diatas, pencet tombol windows + R.
  • Tuliskan perintah CMD dan setelah muncul tab cmd ketikkan perintah berikut ini : wmic baseboard get product,manufacturer,version,serialnumber


Itulah beberapa cara mudah mengetahui merk motherboard tanpa harus membongkar casing CPU yang tentu aja akan membuat repot. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel