Ciri Ciri atau Tanda Tanda Lovebird Betina Akan Bertelur

Untuk mengetahui ciri-ciri ataupun tanda-tanda burung lovebird betina yang akan bertelur sebenarnya bisa di lihat dari bentuk fisiknya ataupun bisa juga di lihat dari perilakunya. Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi peternak lovebird yang sudah berpengalaman, namun tentu bagi mereka yang baru saja memulai bisnis peternakan burung lovebird hal menentukan burung lovebird betina yang sudah akan bertelur ataupun belum merupakan hal yang sulit karena belum memiliki pengalaman yang panjang dari beternak burung lovebird ini.

Untuk mengetahui ciri-ciri ataupun tanda-tanda burung lovebird betina yang akan bertelur sebenarnya bisa di lihat dari bentuk fisiknya ataupun bisa juga di lihat dari perilakunya

Mengetahui burung lovebird betina yang akan bertelur merupakan salah satu kunci sukses berternak burung lovebird, meskipun masih ada banyak sekali hal lain yang harus diperhatikan misalkan saja cara perjodohan lovebird yang benar, indukan yang tidak mau kawain, mengatasi telur yang tidak mau menetas dan lain sebagainya.

Mengetahui ciri-ciri lovebird betina yang akan bertelur ini bisa jadi point penting agar kedepannya telur yang di hasilkan bisa menetas dengan baik karena ketika sang pemilik mengetahui burung lovebird kesayangannya akan bertelur tentu anda harus melakukan rawatan ataupun penanganan yang di butuhkan misalkan saja menyediakan asupan makanan yang mengandung kalsium dan protein tinggi.

Berikut ini ciri-ciri burung lovebird betina yang akan bertelur:
  • Burung lovebird betina biasanya akan sering berdia diri di glodok / sangkar yang akan di jadikan untuk bertelur.
  • Burung betina juga akan membuat sangkar / ngunjal dengan menggunakan bahan-bhan seperti serpihan kayu, ranting / daun cemara ataupun menggunakan sobekan tisu tergantung pemilik memberikan bahan-bahan yang akan di gunakan untuk membuat sarang.
  • Jika anda belum yakin dengan ciri-ciri diatas, anda bisa memegang burung dan melihat pada anusnya. Burung lovebird betina yang akan bertelur biasanya anusnya terlihat besar menonjol atau seperti bengkak.
  • Selain itu, suara nafas burung betina yang akan bertelur terdengar berat.
Sedangkan jika di lihat dari perilaku burung lovebird yang akan bertelur bisa di lihat seperti berikut ini:
  • Perilaku burung lovebird betina akan terlihat gelisah serta sering bersuara sangat keras. Selain itu postur tubuhnya juga terlihat gemuk.
  • Jika burung lovebird betina anda menunjukkan perilaku seperti yang sudah di sebutkan diatas, anda bisa mencoba mengambil selembar kertas koran ataupun tisu untuk di masukkan kedalam kandang. Jika burung menyobek-nyobek kertas/tisu yang di berikan dan menyelipkan sobekan kertas di sayapnya, sudah bisa di pastikan burung lovebird betina akan mulai bertelur.
  • Biasanya dalam 10 hari setelah perkawinan yang di lakukan, burung lovebird betina akan segera bertelur.
Rawatn burung lovebird yang akan bertelur
Setelah mengetahui burung lovebird betina yang anda tangkar akan bertelur, anda harus menyipakan makanan tambahan berkalsium tinggi. Anda bisa memberikan vitamin ataupun cangkang sotong agar burung bisa memproduksi telur yang bagus / tidak cacat.
Pada masa seperti ini, sebaiknya burung di kondisikan setenang mungkin dan jangan membuka glodok/tempat yang akan di pakai untuk bertelur. hal ini di maksudkan agar burung lebih fokus dan tidak setres.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel