Ciri Ciri Trucukan Jantan dan Betina

Ciri-ciri yang akurat untuk membedakan burung trucukan / trocok jantan dan betina bisa di katakan gampang-gampang susah karena dari segi fisik maupun suara jenis burung yang masih termasuk dalam keluarga Pycnonotidae ini sepintas memang hampir sama, meskipun begitu jika kita bisa cermat dalam mengamatinya tentu saja akan menemukan perbedaan yang sangat jelas antara trucukan yang berjenis kelamin jantan dengan burung trucukan yang berjenis kelamin betina.

Di kalangan masyarakat, burung ini memang sangat terkenal dan bisa di katakan sebagai burung sejuta umat karena saya rasa dari masyarakat kalangan menengah sampai ataspun mampu untuk membelinya. Harga burung ini tergolong sangat murah apalagi jika anda membelinya dalam keadaan masih bakalan yang biasa di jual di kios-kios burung dengan cara ombyokan, meskipun harganya murah meriah suara ngerol yang di hasilkan oleh trucukan sangatlah indah dan hampir menyerupai dengan suara burung cucak rawa yang saat ini memiliki harga yang sangat mahal.

Untuk suara kicau terbagus memang hanya bisa di temukan pada trucukan berjenis kelamin jantan karena selain memiliki banyak variasi lagu, volume yang di hasilkan dari trucukan jantan akan jauh lebih keras jika di bandingkan dengan yang betina. Dengan alasan tersebut banyak orang yang ingin memelihara burung trucukan jantan di rumahnya namun terkadang masih banyak orang yang masih bingung untuk mengetahui perbedaan fisiknya sehingga terkadang sewaktu membeli banyak yang salah memilih burung yang berjenis kelamin betina.

Sebenarnya meskipun anda salah membeli burung trucukan betina tidak ada masalah karena trucukan/trocok jantan dan betina semuanya bisa berkicau ngerol hanya saja yang jantan lebih unggul di bidang variasi, volume dan panjang durasi kicauannya. Nah agar anda tidak salah lagi membeli burung trucukan yang di inginkan, berikut ini merupakan penjelasan serta ciri-ciri yang bisa anda buat sebagai patokan.

Ciri Ciri Fisik Burung Trucukan Jantan dan Betina
  • Pada trucukan jantan jambulnya sering berdiri tegak dan terlihat panjang. Meskipun trucukan betina juga bisa mengeluarkan jambulnya, namun terlihat pendek dan tidak berdiri tegak seperti yang jantan.
  • Untuk trucukan jantan bulu yang menutupi telinganya terlihat lebih menonjol keluar dan lebih tebal di bandingkan dengan yang betina.
  • Bulu warna hitam di sekitaran mata burung trucukan jantan terlihat lebih solid atau lebih jelas, sedangkan warna hitam di sekitaran mata trucukan betina terlihat tipis serta memudar.
  • Postur tubuh trucukan jantan jika di lihat terlihat lebih panjang dan terlihat gagah.
  • Ekor trucukan jantan lebih panjang di bandingkan dengan yang betina.
Ciri-ciri yang akurat untuk membedakan burung trucukan / trocok jantan dan betina dari segi fisik dan karakternya

Selain dilihat dari ciri-ciri fisiknya, anda juga bisa memperkuat pemilihan burung trucukan jantan dan betina dari karakteristiknya karena antara yang jantan dan betina memiliki perbedaan karakter yang juga bisa di buat sebagai patokan dan berikut ini ciri-cirinya:

Perbedaan Karakter Trucukan Jantan dan Trucukan Betina
  • Suara kicau trucukan jantan volumenya lebih keras dibandingkan dengan yang betina.
  • Ropelan trucukan jantan memiliki durasi yang lebih panjang di bandingkan yang betina.
  • Variasi lagu trucukan jantan banyak sedangkan trucukan betina monotone.
  • Trucukan jantan pada saat mabung biasanya masih rajin untuk bunyi sedangkan yang betina cenderung diam.
  • Meskipun dalam keadaan birahi, trucukan jantan tidak akan mau duduk di tempat makan, sedangkan untuk trucukan betina biasanya akan duduk seperti mengerami telur di tempat makanan.

Pengalaman memilih burung trucukan yang berjenis kelamin jantan dan betina dengan cara diatas sudah bertahun-tahun saya lakukan dan dari sekian saya membeli burung trucukan dengan berpatokan keterangan diatas sudah terbukti akurat karena memang saya juga salah satu penggemar burung ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel