Pencegahan dan Obat Ayam Ngorok yang Ampuh

Pencegahan dan obat ayam ngorok yang ampuh dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah di temukan di sekitaran kita yang kami bagikan ini tentu harus anda ketahui sedini mungkin, pasalnya ayam yang sudah terkena penyakit ini akan mudah sekali menular pada ayam-ayam lainnya yang masih sehat dan apabia tidak cepat-cepat di tangani tentu saja mengakibatkan resiko yang sangat fatal yaitu kematian bagi ayam-ayam peliharaan anda,

Sebelum beranak pada pengobatan ayam ngorok, perlu di ketahui terlebih dahulu bahwa penyebab ayam terkena penyakit ngorok faktor-faktornya sangat banyak sekali diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  1. Suhu dan Kelembapan Kandang : Seperti halnya manusia, kelembapan dan suhu ruangan sangat berpengaruh penting untuk kesehatan, kandang yang tidak memiliki standar kelayakan yaitu suhu diantara 25 sampai 28 derajat serta kelembapan udara udara antara 60 sampai 70% akan mengakibatkan terjadinya gangguan pernafasan dan gangguan fungsi sinus.
  2. Naiknya Kadar Amoniak : Biasanya yang sering terjadi karena ayam sakit juga dikarenkan oleh kadar amonia yang naik, penyebabnya adalah pemilik ayam biasanya enggan untuk membersihkan kotoran ayam. Kotoran ayam yang semakin menumpuk dan tidak kering akan mengakibatkan kenaikan amoniak dan ayam secara terus menerus menghirup udara yang terkontaminasi oleh bau amoniak sehingga menyebabkan iritasi pada pernafasan.
  3. Pergantian Cuaca: Pengaruh alam dengan bergantinya cuaca juga faktor penyebab ayam menjadi sakit apabila ayam yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah sudah dipastikan akan mengalami sakit.
Jenis-Jenis Penyakit Ayam Yang Sering Muncul
Dengan faktor-faktor penyebab ayam sakit yang sudah disebutkan diatas, penyakit yang biasanya timbul adalah sebagai berikut ini:
  1. CDR Kompleks dan CRD : Kepanjangan dari Chronic Respiratory Disease, ayam yang terkena penyakit ini di tandai dengan bengkak pada muka, ayam batuk dan saat ayam bernafas terdengar suara seperti orang asma. Penyakit ini bisa menular pada ayam-ayam lainnya.
  2. Korisa atau biasa di sebut dengan penyakit snot, penyakit ini di sebabkan oleh bakteri Haemophilus paragallinarum. Ayam yang terkena penyakit ini juga akan mengalami bengkak pada muka serta mata ayam akan berair.
  3. ILT (Infeksius Laryngo Tracheitis) ayam yang terkena penyakit ini akan bernafas dengan mulut terbuka dan biasanya akan menjulurkan lehernya. Penyakit ini menyerang pada tenggorokan ayam.
  4. ND, IB dan Al, biasanya ayam yang terkena ini orang menyebut terkenana aratan karena jika tidak cepat diatasi ayam akan cepat menular dan akan cepat mati. Ayam yang terkena penyakit ini biasanya akan terjadi batuk, keluar lendir, sulit bernafas, ngorok.
Pencegahan dan obat ayam ngorok yang ampuh dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah di temukan di sekitaran kita

Penyakit-penyakit ayam yang sudah kami sebutkan diatas sebenarnya sudah ada dari sejak jaman dulu dan para peternak tradional pada kala itu untuk mencegah dan mengobati ayam sakit dengan menggunakan cara-cara herbal diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan daun sirih: Caranya adalah dengan merebus 5 atau 7 daun sirih ( disesuaikan dengan jumlah ayam) untuk hasil terbaik bisa menggunakan daun sirih merah. Setelah di rebus kira-kira airrebusan tinggal setengah dari semula, saring airnya kemudian campurkan dengan 1 atau 2 jeruk nipis (disesuaikan saja) kemudian air tersebut di taruh di tempat air minum ayam biarkan untuk di minum seharian, lakukan pengulangan sampai ayam sembuh.
  2. Menggunakan Bawang Putih: Caranya adalah dengan mengambil air / sari dari bawang putih. Bawang putih bisa di parut ataupun di blender, kemudian saring ambil airnya.
  3. Blimbing Wuluh: caranya adalah dengan memblender blimbing wuluh yang masih muda/masih yang berwarna hijau, kemudian saring ambil airnya untuk di minumkan pada ayam. lakukan pemberian sehari 1 atau 2 kali.
  4. Buah Mengkudu: Mengkudu juga bia di gunakan untuk mengobati segala jenis penyakit yam karena kandungan zat antioksidannya yang tinggi. Cara pemberiannya adalah dengan memotong kecil sebesar jempol dan di lolohkan pada ayam. Atau bisa juga di blender dan airnya untuk di campurkan pada air minum ayam.
  5. Buah Getehan: Caranya adalah, ambil buah yang sudah berwarna merah kemudian di tumbuk sampai halus dan lolohkan pada ayam yang sakit pada saat ayam akan tidur. Cara ini sangat ampuh dan biasanya ayam yang di obati dengan getehan besok paginya langsung sembuh. Apabila belum sembuh bisa di berikan lagi sampai ayam benar benar sembuh.
Cara-cara diatas bisa di gunakan untuk pencegahan ataupun untuk mengobati ayam yang sakit, gunakan salah satu cara diatas dengan bahan-bahan yang mudah anda temukan dan berikan secara konsisten sampai ayam benar-benar sembuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel