Cara Menjodohkan dan Beternak Burung Anis Kembang

Untuk menangkar atau beternak burung Anis Kembang banyak pemula yang mengatakan gampang-gampang susah, namun menurut pengalaman saya proses beternak burung AK dari nol dalam artian dari perjodohan sampai burung sukses bertelur dan memiliki anakan akan terasa gampang dengan catatan bahwa anda harus mengetahui ilmu dan trik-triknya terlebih dahulu.

Untuk menangkar atau beternak burung Anis Kembang banyak pemula yang mengatakan gampang-gampang susah, namun menurut pengalaman saya proses beternak burung AK dari nol

Untuk memulai beternak burung Anis Kembang / Ak, langkah persiapan utama yang harus anda lakukan adalah menyediakan indukan jantan dan indukan betina, untuk yang pejantan sebenarnya saya tidak harus berpatokan yang aneh-aneh penurut pengalaman saya anis kembang jantan cukup hanya yang sudah berusia matang dan untuk fisik yang sempurna saya tidak terlalu mempersoalkan juga karena pejantan anis kembang yang saya miliki memiliki cacat pada fisiknya yaitu salah satu kakinya tiker/ciker dan terbukti juga bisa menghasilkan anakan. Saya lebih suka / lebih fokus pada burung anis betina dan untuk lebih jelasnya sepeti berikut ini.
 
Kriteria Pejantan Anis Kembang Untuk Di ternakkan
Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa saya tidak memiliki patokan khusus untuk pejantan AK yang akan saya jadikan pejantan, menurut pengalaman saya cukup AK jantan yang sudah berumur dewas, sudah mau makan voer, memiliki mental yang bagus (Jika Ada).

Kriteria Betina Anis Kembang Untuk Di Ternakkan
Dari pada fokus pada AK jantan, menurut saya lebih penting jika anda fokus mencari indukan Anis Kembang Betinanya, karena menurut saya 80% gagal dan suksesnya beternak anis kembang adalah dari AK betina. Dan berikut ini kriteria AK betina menurut pengalaman saya:
1. AK betina harus sudah berumur minimal sudah 2x mabung.
2. Pilih AK betina yang sudah jinak dan tidak takit terhadap orang. Hal ini sangat penting atu salah satu kunci beternak burung Anis Kembang.
3. Lebih di sukai jika anda ingin membeli, memilih burung anis kembang betina yang sudah birahi / dalam masa birahi dengan ciri-ciri jika mendengar suara burung AK jantan akan ngleper atau nyaut.
4. Fisik AK betina yang akan di jadikan indukan harus memiliki fisik yang sempurna / tidak cacat.

Jika anda sudah memiliki burung anis kembang jantan dan betina yang sudah saya sebutkan seperti keterangan diatas, langkah selanjutnya adalah melakukan perjodohan. langkah-langkah untuk menjodohkan burung AK bisa anda lakukan seperti berikut ini:

Cara Menjodohkan Burung Anis Kembang
Langkah perjodohan ini sebenarnya umum seperti yang biasa di lakukan oleh peternak-peternak lain yaitu dengan membagi beberapa tahapan diantaranya adalah:
 
1. Tahap perkenalan
Tahapan perkenalan ini anda bisa menggunakan 2 sangkar dan masing-masing burung ak jantan dan betina di taruh di sangkar yang berbeda kemudian siang dan malam sampai tidur sangkar burung selalu di letakkan atau di tempel. Hal ini di maksudkan agar dalam beberapa hari kedepan, calon pasangan burung AK sudah akrab dan saling mengenal satu sama lainnya. Saat tahap perkenalan dan perjodohan ini masing-masing AK untuk porsi EFnya di tingkatkan dan ganti voer burung menggunakan voer ayam yang mengandung protein tinggi.
Biasanya proses perjodohan ini paling lama akan memakan waktu 7 sampai 10 hari dan tanda-tanda calon pasangan sudah mulai berjodoh adalah ketika tidur, jarak mereka selalu berdekatan meskipun di pisah dalam 2 sangkar. Selain itu juga dalam aktifitas kesehariannya burung AK jantan selalu merayu betina dengan membawa makanan di dalam mulutnya dan yang betina meresponnya.

2. Tahap Penyatuan
Tahap ini di lakukan jika burung Anis Kembang sudah memiliki ciri-ciri berjodoh seperti yang sudah saya sebitkan diatas, atau sebelum anda menyatukan di kandang penangkaran, anda bisa tes dulu dengan cara memandikan 2 burung tersebut ke dalam 1 kermaba dan lihat apakah burung akan bertengkar apa tidak. Namun kalau saya, biasanya lebih suka langsung menaruh pada sangkar ternak yang ukurannya memang saya buat agak lebar yaitu panjang sekeitar 2meter dan lebar 1 meter dengan tinggi kandang 2 meter. Kandang yang luas ini juga sangat bermanfaat jika burung belum terlalu berjodoh maka perkelahian calon pasanga ini tidak terlalu fatal. namun biasanya dalam tahap pertama penyatuan terjadi kejar kejaran menurut saya adalah hal yang wajar dan biasanya dalam waktu 2 atau 3 hari burung AK sudah akur.

3. Tahapan Reproduksi
Tahapan reproduksi ini akan terjadi apabila kedua burung sudah benar-benar jodoh, kandang yang sejuk serta asupan pakan akan sangat berpengaruh dala tahapan ini. Jika kondisi kandang tangkar anda terasa panas, sebaiknya menyiram alas kandang setiap pagi dan sore dan usahakan sangkar ternak langsung pada tanah yang di beri pasir dengan ketebalan 2 atau 3 cm. Pasir di sini selain bisa untuk kipu juga berfungsi untuk menyerap kotoran burung agar tidak berbau.

4. Asupakan Pakan Selama Perjodohan
Tahapan ini juga sangat penting untuk di perhatikan karena zat-zat penting yang di butuhkan untuk reproduksi hanya mengandalkan pakan dari sang majikan. Merak tidak bisa mencari bebas apa yang di butuhkan. Pakan yang biasa saya berikan untuk keseharian adalah sebagai berikut ini:
- Di pagi hari saya selalu memberikan 30 ekor jangkrik yang saya potong kaki-kakinya
- Di siang hari saya memberikan cacing tanah yang saya potong-potong kira-kira sebanyak 2 ekor
- Sore harinya saya juga memberikan 30 ekor jangkrik
- Voer ayam dengan protein tinggi selalu saya pastikan ada di dalam sangkar penangkaran karena apabila jangkri serta cacing habis, mereka tidak kelaparan dengan memakan voer tersebut.
 
Perlu di ingat ketika anda memasukkan burung AK dalam proses tahapan penyatuan (nomor 2) segalanya harus sudah siap yaitu seperti ember yang saya potong untuk di jadikan tempat minum dan mandi, pagopon untuk bertelur, bahan-bahan untuk menyusun sarang seperti suwiran bambu, serbut kelapa, jerami, serat nanas dan taruh sebagian di dalam pagopon/tempat yang akan di jadikan untuk bertelur sebagian lagi di sebar di alas sangkar. Bahan-bahan ini nantinya akan di susun sendiri oleh pasangan burung AK jika mereka sudah ingin bertelur.

Kesediaan voer ayam dengan protein yang tinggi serta cacing tanah setiap harinya sangat berperan penting untuk proses reproduksi, jadi tahapan pemberian pakan yang sudah saya sebutkan diatas tidak boleh ada yang anda tinggal dan jangan lupa untuk mengganti air mandi setiap hari agar kesehatan burung selalu erjaga. Jika ada pertanyaan, anda bisalangsung berkomentar atau melihat video tutorialnya di channel youtube kami : Kauraya TV dan jangan lupa SUBSCRIBE.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel