Pengertian RAM (Random Acces Memory) Beserta Fungsinya

RAM adalah singkatan dari kata Random Acces Memory, tentunya RAM sudah tidak asing di telinga kita karena ini adalah salah satu komponen yang berada di setiap komputer baik itu laptop maupun PC dan bahkan smartphone saat ini juga sudah menggunakan teknologi ini. RAM adalah suatu komponen perangkat keras yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kinerja suatu komputer, jadi meskipun anda hanyalah sebagai pengguna (bukan tehnisi komputer) tidak ada salahnya mengetahui fungsi dan jenis-jenis RAM yang sangat berperan penting untuk menunjang dan meng-optimalkan suatu komputer.

PENGERTIAN RAM
RAM ( Random Acces Memory) adalah sebuah media penyimpanan data sementara dan berbagai instruksi pogam pada komputer ataupun laptop yang anda miliki dan sifat RAM adalah volatile yaitu ketika arus listrik tidak mengalir ke/pada RAM, maka data yang tersimpan akan hilang dengan sendirinya. Jadi ketika komputer di matikan dan tidak memiliki daya listrik yang mengalir, maka semua DATA yang tersimpan di RAM akan otomatis menghilang.

FUNGSI RAM
Sepeti yang sudah di jelaskan diatas, fungsi RAM adalah tak lain untuk membaca dan menyimpan data. RAM menyediakan sebuah ruang penyimpanan data sementara sehingga mudah diambil dan dapat membantu mempercepat proses loading.
Ketika komputer bekerja, processor berfungsi sebagai pengelola data dan meminta data dari hardisk, karena pebedaan kecepatan memproses data antara proscessordan hardiskm RAM membantu processor untuk menyediakan data yang di minta dan processor tidak perlu menunggu kiriman data dari hardisk, karena RAM sudah menyimpannya. Jadi semakin besar kapasitas RAM yang di miliki maka proses komputer akan menjadi lebih cepat dalam menghadirkan data.

RAM adalah singkatan dari kata Random Acces Memory, pengertian serta fungsi RAM dan jenis-jenis RAM, RAM komputer, RAM Laptop, RAM Smartphone

JENIS-JENIS RAM
  1. Dynamic RAM (D RAM) di temukan sekitar pada tahun 1968, merupakan jenis RAM yang disegarkan oleh CPU secara berkala agar data yang dismpan oleh RAM tidak hilang
  2. SD RAM (Sychcrounous Dynamic Random Access Memory) adalah ltehnologi lanjutan dari DRAM tettapi sudah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan yang lebih cepat di bandingkan dengan DRAM, biasanya di gunakan pada komputer pentium 4.
  3. DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) atau biasa hanya di sebut dengan nama DDR saja, ini merupakan tehnologi lanjutan dari SDRAM.
  4. RDR RAM ( Rambus Dynamic Access Memory) memiliki kecepatan yang lebih cepat di bandingkan dengan SDRAM.
  5. S RAM ( Static Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang memungkinkan menyimpan data di dalamnya tanpa harus adanya penyegaran dari CPU.
  6. EDO RAM ( Extended Data Out Random Acces Memoy) merupakan jenis RAM yang digunakan untuk perangkat dengan OS Pentium. Ram ini mampu melakukan proses penyimpanan serta pengambilan data secara bersamaan dengan waktu yang sangat cepat.
Baca juga: Cara Mengetahui Merk Motherboard Tanpa Membongkar CPU

Itulah sedikit rangkuman tentang pengertian, Ungsi serta jenis-jenis RAM yang bisa di jadikan wawasan ketika anda ingin membeli perangkat komputer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel