Cara Mudah Mengambil Screenshot di PC atau Laptop

Terkadang melakukan screenshot sangat di butuhkan untuk berbagai macam keperluan, misalkan saja kita melakukan pembayaran dengan menggunakan sistem interner banking terhadap seseorang. hal ini tentu saja harus ada bukti pembayaran untuk meyakinkan orang tersebut bahwa kita sudah melakukan transfer.

Menurut wikipedia.org, Screenshot adalah suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar atau peranti keluaran visual lainnya. Biasanya ini adalah suatu gambar digital yang di tangkap oleh Sistem Operasi inang atau perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer.
Meskipun banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil gambar screenshot mulai dari cara manual yaitu menggunakan perangkat yang sudah di faslitasi oleh windows masing-masing seperti windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Ada juga software tambahan yang bisa di gunakan untuk melakukan screenshot pada laptop ataupun komputer anda.

Cara mudah mengambil screenshot di pc ataupun laptop pada windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 ataupun Windows 10
Contoh hasil screenshot menggunakan windows 7 pada laptop

Cara Mudah Mengambil Screenshots di PC atau Laptop

1. Menggunakan Tombol Screenshot Print Screen (Prtsc)
Sebenarnya semua perangkat laptop maupun PC sudah di bekali dengan tombol ini, namun terkadang banyak orang yang tidak mengetahui fungsi dari tombol ini dan untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar di bawah ini:
Cara mudah mengambil screenshot di pc ataupun laptop pada windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 ataupun Windows 10

Tombol yang di beri tanda anak panah adalah tombol prtsc yang bisa di gunakan untuk screenshot gampar pada tampilan layar monitor pc anda caranya sebagai berikut ini:
  • Pertama tampilkan gampar yang ingin diambil screenshotnya
  • Setelah gambarterbuka di layar, langsung saja klik tombol PrtSc sekali saja. Biasanya pada windows 7 setalah menekan tombol prtsc tampilan pada gambar yang ingi di screenshot akan berwarna hitam dan segera blog gambar yang ingin dicreenshot. Pada windows 7 biasanya juga langsung di berikan pilihan untuk menyimpan, menyalin atau print yang berada di bagian kanan bawah setelah anda memilih area screenshot yang diinginkan.

2. Kombinasi tombol Alt + PrtSc
Caranya sangat mudah seperti cara diatas, yaitu tampilkan objek yang ingin di creenshot di layar kemudian tekan Alt + PrtSc. Jika tidak terjadi sesuatu jangan kuatir, karena memang untuk memakai cara ini setelah anda menekan tombo; alt+prtsc anda di haruskan untuk mem-paste hasil screenshot, anda bisa langsung membuka Microsoft Paint dan klik paste.

3. Menggunakan Aplikasi Tambahan PicPick
Selain menggunakan cara yang sudah di sediakan langsung oleh windows dengan cara yang sudah di jelaskan di atas (Nomor 1 dan 2) anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama PicPick.

Cara mudah mengambil screenshot di pc ataupun laptop pada windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 ataupun Windows 10

Selain juga mudah di gunakan, software ini juga menyediakan fitur lengkapnya untuk memudahkn pengguna dalam proses screenshots.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel