Meracik Ransum Pakan Ayam Kampung Berbahan Dasar Ampas Tahu

Meracik ransum pakan ayam kampung berbahan dasar ampas tahu - Seperti yang sudah di bahas pada postingan sebelumnya bahwa apa yang kami share ini semua adalah murni dari pengalaman ataupun hasil dari uji coba kami dalam beternak penggemukan ayam kampung dan ayam joper yang kami miliki dan pakan racikan sendiri ini sampai sekarang masih saya terapkan dalam memberikan pakan ayam kampung maupun ayam joper karena sangat membantu dalam menghemat biaya.

Meracik Ransum Pakan Ayam Kampung Berbahan Dasar Ampas Tahu, csrs membuat pakan ayam kampung, ayam joper, ayam broiler, formula pakan ayam
Seperti kita ketahui, pakan ayam pabrikan yang di tawarkan saat ini memiliki harga yang sangat mahal, sehingga jika kita terus-terusan menggunakan pakan jadi yang di beli, hasil yang di dapat akan sangat minim bahkan bisa-bisa malah akan merugi.

Pemanfaatan limbah-limbah dengan harga yang murah namun masih memiliki nilai gizi yang baik adalah solusi bagi peternak, misalkan saja kita bisa menggunakan limbah seperti roti yang sudah kadaluarsa / sudah tidak layak di konsumsi oleh manusia ataupun bisa juga menggunakan ampas tahu yang bisa di beli dengan harga murah.

Untuk pakan penggemukan ayam kampung dan ayam joper yang saya gunakan biasanya menggunakan ampas tahu yang saya fermentasi terlebih dahulu dan setelah terfermentasi dengan baik, saya campur dengan bahan-bahan lain agar memiliki kandungan gizi yang lebih sempurna. Bagi teman-teman yang belum mengetahui cara melakukan fermentasi ampas tahu, anda bisa membaca klik artikel kami tentang "Fermentasi Ampas Tahu Untuk Pakan Alternatif Ayam Kampung Pedaging".

Setelah ampas tahu di fermentasi, langkah selanjutnya adalah menggabungkan beberapa bahan lain agar menjadi ransum yang sempurna.

Cara Meracik Ransum Pakan Ayam Kampung Berbahan Dasar Ampas Tahu
Untuk membuat ransum ayam kampung ataupun ayam joper yang biasa saya buat adalah dengan menggabungkan beberapa bahan diantaranya yaitu jagung, dedak, ampas tahu yang sudah di fermentasi dan tepung ikan. Untuk prosentase dari masing-masing bahan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Ampas tahu fermentasi yang masih dalam kondisi basah 50%
  • Jagung kuning yang sudah di giling lembut 20%
  • Dedak halus 20%
  • Tepung ikan atau kosentrat ayam pedaging 10%
Campur semua bahan-bahan diatas secara merata dan setelah dirasa bahan-bahan tersebut tercampur dengan sempurna, anda bisa menyemprot vitamin seperti neobro. Vitamin neobro terlebih dahulu di campur dengan air dan di masukkan pada alat penyemprot (bisa menggunkan penyemprot yang biasa di gunakan untuk memandikan burung) lalu aduk-aduk kembali. Setelah itu formula pkan ayam yang masih dalam keadaan basah ini di jemur sampai kering seperti pada gambar di bawah ini.

Meracik Ransum Pakan Ayam Kampung Berbahan Dasar Ampas Tahu, csrs membuat pakan ayam kampung, ayam joper, ayam broiler, formula pakan ayam
Penjemuran ransum pakan ayam

Dari pengalaman yang saya miliki, pertama kali ayam di kenalkan dengan ransum buatan sendiri ini langsung mau memakan dengan lahap dan pertumbuhan serta bobot ayam dari hari ke hari terus meningkat. Semoga apa yang saya share ini bermanfaat, adapun kalau ada rekan-rekan peternak yang menemukan cara baru yang lebih baik bisa share di kolom komentar,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel