Cara Membuat Pakan Ayam Murah Bernutrisi Tinggi

Cara membuat pakan ayam yang murah namun tetap memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga ayam yang di pelihara gemuk dan memiliki berat badan yang ideal dan para peternak ayam bisa menikmati hasil / keuntungan yang banyak adalah dambaan bagi kita semua, meskipun di era jaman yang serba modern seperti sekarang ini sudah banyak pakan jadi pabrikan yang di tawarkan dengan kualitas yang baik, namun sayang sekali karena uang yang harus di keluarkan untuk membeli pur pabrikan sangatlah banyak, karena untuk saat ini harga pakan ayam jadi /pur di rasa sangatlah mahal sehingga jika para peternak selalu menggunakan pakan tersebut tentu saja hasil keuntungan yang di dapat akan sangat sedikit atau malah bisa jadi akan merugi.

Karena tingginya harga pakan pabrikan saat ini tentu saja kita sebagai para peternak ayam harus mencari cara agar peternakan yang di kelola tetap terus menghasilkan salah satu caranya yaitu dengan mengganti pakan pabrikan dengan pakan buatan sendiri.

Sebenarnya pakan ayam murah sudah saya share pada postingan kami sebelumnya pada artikel Meracik Ransum Pakan Ayam Kampung Berbahan Dasar Ampas Tahu, cara tersebut bisa anda padukan terhadap cara ini, jika anda belum membacanya sebaiknya anda buka linknya agar wawasan membuat pakan ayam semakin bertambah dan pada artikel kali ini kami akan berbagi cara membuat pakan ayam murah bernutrisi tinggi dengan bahan-bahan yang lebih irit lagi karena memanfaatkan dari limbah rumah tangga seperti yang sudah kami lakukan.

Cara Membuat Pakan Ayam Murah Bernutrisi Tinggi Menggunakan Limbah Rumah Tangga

Cara membuat pakan ayam murah dengan nutrisi yang tinggi, ayam cepat gemuk, ayam sehat, peternakan ayam
Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah menyediakan ember / blung di dapur rumah anda, ember / blung tersebut di isi dengan air cucian beras dan kemudian jika ada sisa makanan ataupun lauk yang sudah tidak di makan segera di kumpulkan di tempat ember yang sudah di isi dengan air cucian beras seperti gambar di samping. Sisa makanan yang di kumpulkan dengan di rendam menggunakan air cucian beras tidak akan busuk, jadi anda setiap hari bisa terus menerus mengumpulkan sampai ember terisi penuh.

Setelah ember terisi penuh dengan sisa-sisa makanan, saring airnya bisa menggunakan kain ataupun alat yang lain, perlu di ketahui bahwa air rendaman tersebut sangat baik untuk menyiram tanaman jadi sangat di sarankan dari pada membuag air rendaman sisa makanan tanpa ada manfaatnya lebih baik di manfaatkan sebagai pupuk cair tanaman.

Setelah air dan ampasnya terpisah, pilah-pilah terlebihdulu mana yang sekiranya bisa untuk di jadikan pakan ayam dan mana yang tidak, setelah itu, sisa makanan yang bisa di berikan untuk ayam di campur menggunakan ampas tahu ataupun bisa di campur menggunakan bekatul. Bayaknya ampas tahu ataupun bekatul di kira-kira saja dan biasanya untuk 1 ember sisa makanan seperti gambar diatas, saya mencampur dengan setengan karung ampas tahu atau setengan karung bekatul. Aduk-aduk sampai merata.

Setelah tercampur merata, anda bisa memfermentasi bahan-bahan makanan tersebut sebelum di berikan pada ternak anda. Jika anda tidak tau bagaimana cara melakukan fermentasi baca Fermentasi Ampas Tahu Untuk Pakan Alternatif karena caranya sama saja.

Setelah bahan-bahan sudah terfermentasi, anda bisa langsung memberikan pada ayam atau jika anda ingin bahan pakan lebih awet, setelah di fermentasi anda bisa menjemurnya sampai kering terlebih dahulu.

Kenapa bahan-bahan pakan untuk ternak harus di fermentasi terlebih dahulu sebelum d berikan? baca artikel pentingnya fermentasi untuk pakan ternak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel